• About
  • Contact
  • Blogger

PERINTAH DASAR MYSQL DENGAN COMMAND PROMPT ATAU CMD

 on Sunday 15 May 2016  

PERINTAH DASAR MYSQL DENGAN COMMAND PROMPT ATAU CMD


Selain kita harus buka-buka aplikasi browser untuk melakukan perintah-perintah mysl , kita juga bisa melakukannya tanpa harus membukanya, dengan membuka cmd , kita bisa melakukan perintah-perintah sql dengan benar . Namun kalau saya sarankan agar sobat sudah paham apa itu mysql. Jika sobat belum faham silahkan klik ini .
                Nah langsung saja kita mulai tutorial yang penting ini . terlebih dahulu silahkan sobat nyalakan program webserver nya ,atau mysqlnya , dengan membuka xampp control panel , dan silahkan klik tombol start pada mysl dan apache , tunggu sampai menyala . nah jika sudah silahkan buka cmd anda sebelum memulai
Berikut adalah tampilan dari sql control tadi , dan jangan sampai lupa menyalakan apache dan mysql

-          Ok saya akan memulainya , silahkan buka command prompt anda, cukup buka run dan ketikan cmd dan tekan enter .
-          Setelah selesai sekaran tugas kita yang kedua adalah membuka , menaruh script cmd kita berada pada directory bin pada mysql, dengan script cd C:\xampp\mysql\bin , ingat itu kalau anda menginstall program xampp di C, seperti saya , saya menginstallnya di directori E, maka script yang saya gunakan adalah cd E:\xampp\mysql\bin, jika salah silahkan coba masuk ke direcotry terlebih dahulu dengan  e: lalu tekan enter lalu setelah selesai silahkan ketik berikut cd xampp\mysql\bin lalu tekan enter biar jelas berikut gambar nya :

 

-          
       Setelah kita sampai disana sekarang kita harus memasuki server mysql dengan cara sebagai berikut :     mysql -u root   dan ini tampilannya :

 
-        





  Nah jika sudah sampai disana kita tinggal mengetikan perintah sql disana , sebagai contoh perintah perintah sql sebagai berikut :
1.       Membuat database
Nah ini adalah perintah untuk membuat database terbaru . dengan rumur create database nama_database; seperti contoh saya akan membuat database dengan nama TERSERAH lihat baik-baik

Nah maksut dari query ok, adalah perintah anda berhasil dijalankan , untuk mengeceknya kita harus melihat semua database di mysql apakah database TERSERAH sudah ada apa belum , untuk melihatnya baca nomor 2
2.       Show database
Untuk melihat semua database yang sudah anda buat tadi silahkan ketikan rumus show databases; lalu tekan enter , berikut hasilnya

Diatas adalah semua database yang anda buat seperti terserah telah ada diatas , itu artinya berhasil dibuat.
3.       Menghapus database
Untuk meghapus atau istilahnya drop database adalah sebagai berikut dengan rumur drop database nama_database; sebagai contoh saya akan menghapus database saya yang bernama sekolah, maka rumus yang saya gunakan adalah drop database sekolah;

Diatas telah kita lihat sendiri bahwa database sekolah telah tiada.
4.       Mengaktifkan database
Maksut dari mengaktifkan database sendiri adalah untuk memilih database mana yang akan kita olah , sekarang kita akan menggunakan database terserah dengan rumus : use terserah; dan tekan enter , jika dibawah kode setelah enter yang keluar adalah database changed , maka itu artinya databse yang kita pilih telah kita pilih.
5.       Membuat tabel
Untuk membuat suatu tabel didatabase kita silahkan ketik perintah sebagai berikut
Create table nama_table(
Nama_kolom typekolom1(length),
Nama_kolom typekolom2(length),
);
Biar lebih jelas kita lihat tutorial dibawah ini dengan script cmd :
Disini saya akan membuat table dengan nama kandang


6.       Melihat daftar tabel dari suatu database
Tentunya dalam database tidak hanya satu tabel didalamnya , nah bagaimana kita melihat daftar tabelnya , berikut adalah rumusnya: show tables;


7.       Melihat deskripsi suatu tabel
Untuk melihat deskripsi tabel kita bisa menggunakan rumus desc nama_table; untuk saya saya akan elihat deskripsi dari tabel kandang tadi , maka script yang saya ketik adalah desc kandang;



Ok disini dulu untuk perintah sqlnya , maap semua orang memiliki kekurangan sobat, semoga kekurangan saya sobat maapkan , semoga bermanfaat buat sobat
Salamm,,,, admin

PERINTAH DASAR MYSQL DENGAN COMMAND PROMPT ATAU CMD 4.5 5 Unknown Sunday 15 May 2016 PERINTAH DASAR MYSQL DENGAN COMMAND PROMPT ATAU CMD Selain kita harus buka-buka aplikasi browser untuk melakukan perintah-perintah my...


1 comment:

J-Theme