• About
  • Contact
  • Blogger

CARA MERUBAH TAMPILAN CMD COMMAND PROMPT

 on Sunday 15 May 2016  

CARA MERUBAH TAMPILAN CMD COMMAND PROMPT
Halooo sobat, kita berjumpa kembali di cah-jagoit.blogspot.co.id , nah sekarang , kali ini saya si admin akan membagikan tutorial yang menarik buat sobat mengenai cmd , atau command prompt .
Tentu sobat sudah tahu apa itu cmd , atau command prompt , namun sebelum kita menginjak ke tutorial yang sebenrnya , sobat bisa baca dahulu pengertian dari command prompt itu sebdiri sebagai berikut .
PENGERTIAN CMD
                nah kalau anda suka dunia komputer , pasti anda akan menemui yang namanya cmd atau command prompt,nah pengertian cmd itu sendiri apa sich ??  nah , cmd adalah sebuah perintah yang berbasis DOS pada windows os (windows xp, windows 7 dan seterusnya) untuk memudahkan user berinteraksi dengan komputer baik secara online maupuntidak menutup kemungkinan secara offline juga, untuk mmbantu atau sebagai alat bantu kompiler berbagai baris perintahyang user ingin kan.
                 Nah cmd ini juga banyak disalah gunakkan oleh cracker yang jahil sobat, contoh mematikan komputer teman, mematikan akses internet teman, dan masih banyak lagi kejahatan-kejahatan yang dilakukannya memlui cmd ini. nah maka dari itu sobat setidaknya tahu perintah-perintah dasar dari cmd ini, kalau anda suka komputer tidak boleh ketinggalan cmd ,,hehe
Nah tentunya sobat sudah tahu apa itu cmd , sekaran kita bahas mengenai tampilan pada cmd itu sendiri , tentu kita akan bosan dengan warna yang hanya hitam dan putih saja bukan ? tentu itu bisa terjadi sebab sifat kita sendiri sebagai manusia seperti itu .
MERUBAH WARNA TEXT DAN BACKGROUND PADA CMD
                Nah , silahkan mengikuti langkah berikut ini , untuk merubah warna dari cmd itu , :
1.       Yang pertama silahkan buka program cmd anda , dengan cepat silahkan tekan pada keyboard anda windows+R lalu ketikkan cmd dan ok ,,atau langung ajja tekan enter .
2.       Yang kedua silahkan sobat ketikkan di cmd anda dengan text color help, untuk membuka kode warna yang ada di cmd anda.setelah itu langsung tekan enter, kode yang anda ketikkan tidak akan berjalan kalau anda tidak menekan enter pada keyboard anda .
3.       Setelah anda mengetikan tersebut dan menekan enter berikut adalah tampilan dari cmd
4.       Nah diatas adalah kode warna dari text atau background dari cmd.
5.       Ok disini saya jelaskan masalah merubah warna text dan background , silahkan perhatikan baik- baik .
Anda tentu melihat ada dua kolom , sebagai berikut
0 = black
8 = GRAY
1 = blue
9 = LIGHGT BLUE
2 = green
A = LIGHT GREEN
3 = aqua
B = LIGHT AQUA
4 = red
C = LIGHT RED
5 = purple
D = LIGHT PURPLE
6 = yellow
E =LIGHT YELLOW
7 = white
F = BRIGHT WHITE
-          Ok disini saya jelaskan caranya, contoh saya ingin mengganti warna text di cmd saya menjadi hitm dan memiliki background dengan warna putih maka saya akan mengetik kode nya dengan kode = color F0 lalu enter
-          Maka sudah jelas rumusnya adalah color [kode warna background][kode warna text]
-          Ok biar anda sekalian jelas saya perjelas lagi, saya buat contoh untuk sobat
-          Saya akan merubah warna cmd saya menjadi warna text merah atau red dan warna background cmd saya adalah hitam, kode red diatas adalah 4 dan kode warna hitam diatas adalah 0 . braty rumus perintah yang harus saya ketikan di cmd adalah color 04 lalu tekan enter dan tampilan akan berubah menjadi sebgai berikut :

-          Namun jika and salah dalam rumusnya menjadi color 40 maka yang terjadi justru sebaliknya maka background akan menjadi merah dan warna text menjadi hitam sebagai berikut :

-          Nah cukup mudah kan sobat , ingat warna cmd yang anda buat tersebut akan ganti dengan default jika cmd anda close , dan anda buka lagi maka tampilan akan menjadi seperti biasanya yaitu background hitam dan text berwarna putih
Catatan : ingat penulisnan rumus sebagai berikut : color [kode background][kode text]  jangan sampai keliru dalam hal ini karena nanti yang anda inginkan akan berbalik arah .
Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi sobat sekalian .
Salam,,,,admin


CARA MERUBAH TAMPILAN CMD COMMAND PROMPT 4.5 5 Unknown Sunday 15 May 2016 CARA MERUBAH TAMPILAN CMD COMMAND PROMPT Halooo sobat, kita berjumpa kembali di cah-jagoit.blogspot.co.id , nah sekarang , kali ini saya ...


No comments:

Post a Comment

J-Theme