• About
  • Contact
  • Blogger

Sekilas tentang Javascript

 on Wednesday 2 March 2016  





        admin blog-assalamu'alaikum wr wb
    Selamat siang sobat,,he2,,ane bilng siang ini karena ane posting pada jam pelajaran siang saat sekolah,, kali ini admin dari blog dunia it kita akan memberikan wawasan tentang yang namanya javascript.

1. Pengertian javascript

    Dikenal dua macam bahasa pemograman web,yaitu server side dan client side . Server side berarti setiap kali script dipanggil browser, maka script akan diolah dan bekerja diserver.Oleh karenanya,meskipun halaman web ditampilkan di browser, scriptnya tidak disertakan.Contohnya adalah JSP,PHP,ASP,dan lain-lain.Sedangkan , client side yang berarti script saat dipanggil oleh browser,maka web langsung ditampikan (dan script akan disertakan).Dibrowser tanpa harus diproses terlebih dahulu diserver.Hal ini memungkinkan user melihat dan meniru scriptnya secara utuh tanpa enkripsi sedikitpun.

   Javascript merupakan bahasa pemrograman web sisi client side bila html  digunakan untuk membuat halaman web statis,maka javascript digunakan untuk membuat halaman web yang interaktif dan dinamis.Karena sebagai bahasa pemrograman,javascript dapat digunakan u  ntuk membuat aplikasi matematis , efek animasi , bahkan juga untuk membuat permainan game.

    Hampir browser yang ada saat ini sudah mendukung javascript. Dokumen javascript dapat dibuat dengan text editor biasa,seperti: notepad,wordpade,notepad++, dan lain-lain. Yaitu dengan menyimpan kedalam format *.js.


2. Kelebihan javascript

  Beberapa kelebihan dari Javasript diantaranya adalah sebagai berikut.
  •   Ukuran file reltif kecil.
             Kode javascript memiliki ukuran file yang kecil sehingga ketika web yang mengandung javascript ditampilkan dibrowser,maka akses tampilannya akan lebih cepat dibandingkan ketika membuka suatu web yang mengandung kode java.Hal ini juga sangat berpengaruh dengan kinerja server.Semakin kecil space suatu web yang disimpan dalam suatu server,maka kinerja server ketika di-browser oleh user di internet akan tidak terlalu berat, selain itu sifat Javascript yang client side tidak perlu lagi diolah oleh server ketika browser memanggilnya.
  •    Mudah untuk dimengerti.
               Javascript merupakan bahasa semi pemrograman yang merupakan gabungan antara bahasa pemograman java dengan bahasa kode HTML sehingga disebut bahasa hybrid, dan tidak memiliki aturan serumit java.
  •   Terbuka. 
              Javascript tidak terikat oleh hardware maupun software tertentu, bahkan sistem operasi seperti windows mapupun Unix. Karena bersifat terbuka, maka dapat dibuat maupun dibaca disemua jenis komputer.


3. Kekurangan Javascript

     sedangkan beberapa kekurangan Javascript diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Skrip tidak terenkripsi.
             Karena bersifat client side,maka kode yang dibuatdi text editor dan telah dijadikan halaman sebuah web diserver,ketika user mequest halaman tersebut, maka kode javascript akan langsung ditampilkan di browser.User bisa melihat dan meniru dari sourcenya secara langsung tanpa enkripsi sedikitpun.
  • Kemampuan terbatas.
            Walaupun Javascript mampu membuat halaman web menjadi interaktif dan dinamis, namun javascript tidak mampu membuat program aplikasi sendiri seperti java.
  • Keterbatasan Objek. 
            Javascript tidak mampu membuat kelas-kelas yang bisa menampung objek-objek tambahan seperti java,karena javascript telah memiliki objek built-in pada struktur bahasanya.

nah hanya itu sobat yang bisa ane postingkan,semoga bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda trimakasih sobat....

Sekilas tentang Javascript 4.5 5 Unknown Wednesday 2 March 2016         admin blog- assalamu'alaikum wr wb     Selamat siang sobat,,he2,,ane bilng siang ini karena ane posting pada jam pelajaran ...


No comments:

Post a Comment

J-Theme