• About
  • Contact
  • Blogger

Tips cara mengatasi komputer yang sering hang

 on Saturday 5 March 2016  

 Harus saya katakan bahwa yang namanya otak itu pasti ada lelahnya sobat, tidak terkecuali dengan otak komputer, atau laptop anda , itu juga bisa lelah alias hang, jika laptop atau komputer yang kita gunakan mengalami hang itu tidak menutup kemungkinan laptop atau kokputer kita mengalami problem-problem tertentu yang bisa menyebabkan hang, biasanya hang sebuah komputer atau laptop kunci utamanya ada di proessornya, atau bisa disebuk otaknya, jika otaknya lelah atau sudah terlalu panas maka sangat mudah komputer bisa hang dengan sendirinya, namun selain masalah processornya masih ada hal lain yang bisa menyebabkan komputer kita hang,


     Hang bisa rutin terjadi pada komputer atau laptop yang berspek rendah, atau komputer yang tidak dirawat, hang ini biasanya menyebabkan not responding, aplikasi tidak berjalan dengan semestinya, progam terutup dengan sendirinya, mouse macet, dan dapat juga merestart komputer dengan sendirinya.

    Sobat, berikut adalah penyebab-penyebab komputer kita hang beserta dengan fungsinya :

1. Tegangan listrik yang tidak stabil




      Tegangan listrik biasanya dianggap remeh oleh kebanyakan orang, padahal tegangan listrik sangat berpengaruh besar pada kinerja komputer kita . Tegangan listrik yang tidak stabil bisa membuat perangkat keras lainnya rusak, atau disebut dengan hardware sobat. Dan bila ini terjadi secara terus menerus akan berpengaruh pada kinerja komputer anda , untuk mengatasinya gunakanlah stabilisator untuk menstabilkan tegangan listrik pada komputer anda .




2. Kerusakan pada system operasi

    Sistem operasi juga sangat berpengaruh pada komputer kita, karena tanpa sisstem operasi komputer atau laptop kita tidakk bisa gunakan , biasanya kalau perangkat lunak sistem ada yang terhapus tanpa disengaja , itu akan menyebabkan sistem operasi pada komputer kita tidak berjalan dengan semestinya, dan bisa juga sistem komputer kita terkena virus yang mengganggu kinerja sistem komputer kita dan menyebabkan hang, salah satu untuk mengatasinya adalah dengan menginstall ulang komputer kita,dan jika anda sudah menginstall ulang komputer anda saya sarankan untuk mengistall aplikasia anti virusnya, sebaiknya anda memilih avast, karena avast sangat pekka terhadap virus.

3.  Permasalahan pada Hardisk

  Kapasitas hardisk juga berpengaruh pada kinerja komputer kita lo sobat, jika kapasitas pada hardisk kita telah menurun sampai udah gak muat untuk dikasiih foto , itu sangat mngkin membuat komputer kita menjadi hang serius sobat, solusi untuk mengatasinya adalah mrmformat hardisk kita  atau anda juga bisa membelinya yang baru dengan kapasitas yang lebih besar.




4. Permasalahan Pada mainboard atau matheboard

    JIka masalahnya ada disini biasanya kita menemukan dengan istilah layar biru yang bertuliskan dengan kata   memory anda tidak bisa dibaca cek memory anda . maka solusi untuk mengatasinya ganti ajja mainboard anda dengan mainboard yang baru.





5. Komputer kepanasan.

   Komputer juga bisa mengalami yang namanya kepanasan, biasanya ini terjadi karena komputer terlalu sering atau lama dipakai, dan bisa juga headsing atau kipas pendingin prosessor pada komputer tidak menyala atau tidak maksimal, akhirnya komputer kepanasan bisa terjadi.
 dan jika komputer sudah kepanasan maka hal ini akan menyebabkan komputer macet atau hang.selalu Periksa headsing komputer anda untuk encegah terjadinya komputer kepanasan.




6. Ram rusak atau ada masalah tertentu

  Jika ram mengalami masalah maka ini sangat berpengaruh pada kinerja komputer kita, jika komponen ram kotor maka bersihkan dahulu , biasanya bersihkan saja dengan setip pensil yang biasanya anda gunakan untuk menghapus tulisan dari pensil, hati-hati jika membersihkan , dan bersihkan ram sampai benar-benar bersih agar komputer anda bisa berjalan kembali dengan benar sesuia sedia kala.

7. Kapasitas ram yang kecil

  JIka kita memiliki kapasitas ram yang sangat minim atau kecil maka komuter kita akan mengalami seringnya hang , karena jika ram kita minim itu artinya komputer kita tidak akan mampu membuka aplikasi-aplikasi yang berat, dan secara bersamaan, jika kita membuka aplikasi yang berat maka komputer kita akan kalahan dan bisanaya hang, atau not responding, solusinya buka task manager, setelah itu pilih aplikasi yang berat lalu klik end task. namun jika taks manager kita ikut not responding, maka solusi terakhir untuk kita adalah merestart komputer kita.


     Hanya itu sobat artikelnya ,semoga bermanfaat bagi komputer anda , dan semoga komputer anda tidak hang lagi.

 

Tips cara mengatasi komputer yang sering hang 4.5 5 Unknown Saturday 5 March 2016  Harus saya katakan bahwa yang namanya otak itu pasti ada lelahnya sobat, tidak terkecuali dengan otak komputer, atau laptop anda , itu juga...


No comments:

Post a Comment

J-Theme